Cara Meredam Emosi

Tentu saja semua orang pernah emosi dan marah(ya iylah.. namanya juga manusia). Dan saya juga sering marah dan kesal yang gak karuan sama orang, entah karena ada masalah dengan orang tersebut atau ada alasan lain yang entah apa.

Yup, karena untuk memecahkan masalah psikis saya ini, langsung saya cari di google”Cara Cepat Menghilangkan Rasa Kesal Dan Marah”. Yumi… banyak web yang memberikan tips dan solusi yang mantap. Berikut adalah solusi yang ditawarkan;

Up.. tunggu dulu, ni ada penjelasan dikit tentang Beberapa ciri-ciri orang yang tidak mampu mengandalikan emosinya :
1. Melakukan tindak kriminal / tindak kejahatan. ( ini parah emosinya)
2. Menangis dan larut dalam kekesalan yang mendalam. ( adakah diantara sobat yang menangis??)
3. Ringan tangan pada orang lain di sekitarnya.( ini kalau ma istri bisa jadi KDRT)
4. Berkata keras dan kasar pada orang lain. ( no comment)
5. Dendam dan merencanakan rencana jahat pada orang lain. dsb. ( saya pernah ini,wkwk)
6. Marah dengan merusak atau melempar barang-barang di sekitarnya. ( belum pernah, kecuali marahan ma pacar)
7. Melarikan diri dengan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, dsb. (tidak akan, kalau sama nasi be guling nyak cang)

banyak juga ya ciri2nya sob, oke lanjut ke bagian solusi;

Beberapa Cara Untuk Meredam Emosi (by organisasi.org):
1. Tenangkan Hati Di Tempat Yang Nyaman
Jika sedang marah alihkan perhatian anda pada sesuatu yang anda sukai dan lupakan segala yang terjadi. Tempat yang sunyi dan asri seperti taman, pantai, kebun, ruang santai, dan lain sebagainya mungkin tempat yang cocok bagi anda. Jika emosi agak memuncak mingkin rekreasi untuk penyegaran diri sangat dibutuhkan.
2. Mencari Penyebab Dan Mencari Solusi
Ketika pikiran anda mulai tenang, cobalah untuk mencari sumber permasalahan dan bagaimana untuk menyelesaikannya dengan cara terbaik. Untuk memudahkan gunakan secarik kertas kosong dan sebatang pulpen untuk menulis daftar masalah yang anda hadapi dan apa saja kira-kira jalan keluar atau solusi masalah tersebut. Pilih jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Mungkin itu semua akan secara signifikan mengurangi beban pikiran anda.
3. Rasakan Yang Orang Lain Rasakan
Cobalah bayangkan apabila kita marah kepada orang lain. Nah, sekarang tukar posisi di mana anda menjadi korban yang dimarahi. Bagaimana kira-kira rasanya dimarahi. Kalau kemarahan sifatnya mendidik dan membangun mungkin ada manfaatnya, namun jika marah membabi buta tentu jelas anda akan cengar-cengir sendiri.
4. Ingin Menjadi Orang Baik
Orang baik yang sering anda lihat di layar televisi biasanya adalah orang yang kalau marah tetap tenang, langsung ke pokok permsalahan, tidak bermaksud menyakiti orang lain dan selalu mengusahakan jalan terbaik. Pasti anda ingin dipandang orang sebagai orang yang baik. Kalau ingin jadi penjahat, ya terserah anda.
5. Mencari Kesibukan Yang Disukai
Untuk melupakan kejadian atau sesuatu yang membuat emosi kemarahan kita memuncak kita butuh sesuatu yang mengalihkan amarah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan dapat membuat kita lupa akan masalah yang dihadapi. Contoh seperti mendengarkan musik, main ps2 winning eleven, bermain gitar atau alat musik lainnya, membaca buku, chating, chayang-chayangan dengan kekasih pujaan hati, menulis artikel, nonton film box office, dan lain sebagainya. Hindari perbuatan bodoh seperti merokok, make narkoba, dan lain sebagainya.
6. Cuek Dan Melupakan Masalah Yang Ada
Ketika rasa marah menyelimuti diri dan kita sadar sedang diliputi amarah maka bersikaplah masa bodoh dengan kemarahan anda. Ubah rasa marah menjadi sesuatu yang tidak penting. Misalnya dalam hati berkata : ya ampun…. sama yang kayak begini aja kok bisa marah, nggak penting banget sich…
7. Diversifikasi Tujuan, Cita-Cita Dan Impian Hidup
Semakin banyak cita-cita dan impian hidup anda maka semakin banyak hal yang perlu anda raih dan kejar mulai saat ini. Tetapkan impian dan angan hidup anda setinggi mungkin namun dapat dicapai apabila dilakukan dengan serius dan kerja keras. Hal tersebut akan membuat hal-hal sepele tidak akan menjadi penting karena anda terlalu sibuk dengan rajutan benang masa depan anda. Mengikuti nafsu marah berarti membuang-buang waktu anda yang berharga.
8. Kendalikan Emosi Dan Jangan Mau Diperbudak Amarah
Orang yang mudah marah dan cukup membuat orang di sekitarnya tidak nyaman sudah barang tentu sangat tidak baik. Kehidupan sosial orang tersebut akan buruk. Ikrarkan dalam diri untuk tidak mudah marah. Santai saja dan cuek terhadap sesuatu yang tidak penting. Tujuan hidup anda adalah yang paling penting. Anggap kemarahan yang tidak terkendali adalah musuh besar anda dan jika perlu mintalah bantuan orang lain untuk mengatasinya.
9. Curahan Hati / Curhat Pada Orang Lain Yang Bisa Dipercaya
Menceritakan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita mungkin dapat sedikit banyak membantu mengurangi beban yang ada di hati. Jangan curhat pada orang yang tidak kita percayai untuk mencegah curhatan pribadi kita disebar kepada orang lain yang tidak kita inginkan. Bercurhatlah pada sahabat, pacar / kekasih, isteri, orang tua, saudara, kakek nenek, paman bibi, dan lain sebagainya.
10. Berpikir Rasional Sebelum Bertindak
Sebelum marah kepada orang lain cobalah anda memikirkan dulu apakah dengan masalah tersebut anda layak marah pada suatu tingkat kemarahan. Terkadang ada orang yang karena diliatin sama orang lain jadi marah dan langsung menegur dengan kasar mengajak ribut / berantem. Masalah sepele jangan dibesar-besarkan dan masalah yang besar jangan disepelekan.

Kalau untuk meredam amarah sendiri cukup dengan cara itu, nah kalau mau meredam amarah orang lain gimana??
Berikut caranya sob;

Cara Untuk Meredam Emosi / Amarah Orang Lain (by organisasi.org) :
Untuk meredam amarah orang lain sebaiknya kita tidak ikut emosi ketika menghadapi orang yang sedang dilanda amarah agar masalah tidak menjadi semakin rumit. Cukup dengarkan apa yang ingin ia sampaikan dan jangan banyak merespon. Tenang dan jangan banyak hiraukan dan dimasukkan dalam hati apa pun yang orang marah katakan. Cukup ambil intinya dan buang sisanya agar kita tidak ikut emosi atau menambah beban pikiran kita.
Jika marahnya karena sesuatu yang kita perbuat maka kalau bukan kesalahan kita jelaskanlah dengan baik, tapi kalau karena kesalahan kita minta maaf saja dan selesaikanlah dengan baik penuh ketenangan batin dan kesabaran dalam mengatasi semua kemarahannya. Lawan api dengan air, jangan lawan api dengan api. Semoga berhasil menjinakkan emosi rasa marah anda.

About these ads

Perihal blog aneka ragam
saya adalah seorang pemula dalam dunia bloger. sambil menulis, saya juga sedang belajar dan mendalami tentang dunia bloger. kepada rekan2 diharapkan bantuannya dalam mempelajari dunia bloger

15 Responses to Cara Meredam Emosi

  1. riesta mengatakan:

    makasih bnyak ya…sy lbh tenang setelah membaca artikel ini..
    maksih ya om…

  2. agussuhardy mengatakan:

    trima kasih ats sarannya . . .

    SAran anda bnyak mmbantu dn akn sya trapkn dlm HIdup sya . .
    thanks . .

  3. http://google.com mengatakan:

    Where did u end up getting the suggestions to post ““Cara Meredam Emosi Blog Aneka Ragam”?

    Thanks for the post -Mel

  4. juwita mengatakan:

    hmm q gak bisa nahan emosi habis adek q susah bgt di nasehatin padahal dia dah remaja klo dinasehatin ngejawab tyus tangan nya juga maju..tu gmn biar q gak kepancing emosi nya???

  5. Bob mengatakan:

    Aku paling susah meredam emosi kalau lagi berkendara di jalan… ada tipsnya nggak?

  6. Putri mengatakan:

    Betul….Semuanya betul…Tp ada benarnya apa yg dikatakan kawan di atas.Pd saat kita emosi sangatlah sulit untuk bs mengendalikan diri.Menurut saya cara menenangkan diri yg paling baik adalah menjauh sejenak dari hal/seseorang yg telah membuat kita emosi

  7. xzibit mengatakan:

    2. Mencari Penyebab Dan Mencari Solusi
    Ketika pikiran anda mulai tenang,…………

    itu mah ndak cara meredam emosi, kalo udh tenang yaa selsai…

  8. dealer pulsa mengatakan:

    semua tipssulit dilakukan. mgkin saat skarang saat emosi ga ada, kelihatannya gampang tapi pas marah meledak2. sulit untuk mempraktekkannya. misal: Mencari Penyebab Dan Mencari Solusi, Rasakan Yang Orang Lain Rasakan. gmana itu semua dilakukan saat emosi. jangaakan mencari solusi atau merasakan perasaan orang lain. berusaha tetap tenangpun sulit saat kita marah, walaupun waktu itu tahu bahwa tenag lebih baik. mohon jangan emosi atas kritikan saya hehehehhe

  9. ulfa mengatakan:

    Wah sedikit lebih tenang baca artikel ini..
    Makasih banyak… :D

  10. ablend saputra wijaya mengatakan:

    Menurut saya semua yang anda paparkan dlm artikel di atas sangatlah benar dan bermaanfaat,ciri-cirinya pun sangatlah banyak saya rasakan tapi yntuk solusinya setelah saya coba tidak terlau berhasil emosi saya masih saja kuat terutama sama teman saya yang saat ini sangat saya benci……
    dasar tukang mesum…….

    • Achasssss mengatakan:

      jangan lah kamu membenci seseorang. karena semakin kamu benci maka semakin lekat dia di pikiran kamu. bukannya makin hilang dari pikiran. benci lah pada sifat dan sikapnya. lupakan semua maka hati menjadi tenang. ga ada untungnya kita membenci seseorang dan ga ada ruginya kita memberi maaf. dan jadikan lah pelajaran bahwa kita jangan berperilaku seperti itu. karena tidak pernah ada yg sia2 didunia. semua ada hikmahnya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: