Hakikat Jin dan Syaiton

Definisi Jin dan Syaithan

Jin menurut bahasa berasal dari lafatz ijtinan yang berarti istitar (sembunyi) dari lafazh jannatul lail ajanahuu yaitu jika malam menutupinya. Mereka sembunyi dan tidak terlihat oleh mata manusia maka disebut jin, mereka bisa melihat manusia tetapi mereka tidak bisa dilihat oleh manusia sebagaimana firman Allah I :

Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.”(Al A’raaf 27)

Jin menurut istilah adalah sebagaimana yang dijelaskan dalam dalil-dalil dari Al Qur’an dan hadits yang menunjukan bahwa jin diciptakan dari api. Allah berfirman:

“Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.(Al Hijr 27)
Dan Kami telah menciptakan jin dari nyala api.(Ar Rahman 15)

Ibnu Abbas, Ikrimah, Mujahid dan Adhahhak berkata bahwa yang dimaksud dari firman Allah: dari nyala api yaitu “Dari api murni” dalam riwayat lain dari Ibnu Abbas:”Dari bara api”.(Di dalam tafsir Ibnu Katsir).
Dalil dari hadits, riwayat dari Aisyah t bahwasannya Rasulullah bersabda:

“Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang disifatkan (diceritakan) bagi kalian”.[yaitu dari air mani] (HR.Muslim di dalam kitab Az- Zuhd dan Ahmad di dalam Al Musnad).

Hakekat Syaithan

Syaithan adalah makhluk yang kafir dari bangsa jin atau manusia, berdasarkan dalil-dalil baik dari Al Quran maupun As Sunnah. Tidaklah setan disebut kecuali selalu berarti kekafiran dan keburukan. Berbeda dengan jin, sebagian mereka ada yang kafir dan sebagian yang lain ada yang mukmin.

Syaithan menunjukan arti setiap yang sombong dan congkak yang diambil dari kata syathana yang berarti jauh dari kebaikan atau dari kata syaatha yasyiithu yang berarti hancur binasa atau terbakar. Maka setiap yang congkak, sombong serta tidak terkendali baik dari kalangan jin, manusia atau hewan maka disebut syaithan.

Kesombongan Iblis

Termasuk dalam golongan syaithan adalah Iblis dan para pengikutnya. Permusuhan antara manusia dengan syaithan telah menjadi sejarah yang cukup lama, dimulai sejak penolakan iblis terhadap perintah Allah I untuk bersujud kepada nabi Adam u . Allah I berfirman:

‘Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) diwaktu Aku menyuruhmu? Menjawab iblis: ‘Saya lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan aku dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah.”(Al A’raaf 12)

Dalam hal ini iblis mendahulukan logika daripada perintah Allah I dan menempatkan dirinya diatas kebenaran dengan menghukumi sesuatu sesuai dengan sebab akibat yang dia anggap benar sementara jelas menentang Allah I . Padahal apabila telah datang dalil yang jelas maka tidak dibutuhkan ijtihad. Yang ada hanya mentaati dan melaksanakan perintah yang terkandung dalam dalil tersebut, iblis -semoga laknat Allah atasnya- sangat faham bahwa Allah I adalah Rabb Yang Maha Pencipta, Maha Pemilik, Maha Pemberi Rezeki dan Maha Pengatur tiada sesuatupun yang terjadi kecuali atas izin dan ketetapan-Nya, akan tetapi dia tidak mentaati Allah I karena logikanya yang salah sebagaimana ucapannya yang disebutkan di dalam firman Allah I :

Menjawab iblis:’Saya lebih baik daripadanya Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah.”(Al A’raaf 12)
Maka balasan yang adil atas keberanian Iblis dalam menentang perintah Allah I sebagaimana disebutkan dalam firman- Nya:

AllahI berfirman:

‘Turunlah kamu dari Surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah,sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina.”(Al A’raaf 13)

Pengetahuan dan keyakinan iblis terhadap wujud dan sifat-sifat Allah I tidaklah bermanfaat dan juga siapa saja yang mengedepankan logika daripada perintah Allah I sehingga ia bisa dengan leluasa menerima atau menolaknya atau berhukum dengan perintah Allah I tetapi menolak putusan-Nya, dalam hal ini maka ilmu dan kepercayaan tentang Allah I tidaklah bermanfaat. Jadi iblis dinyatakan kafir dengan disertai ilmu dan kepercayaan yang sangat cukup.

Allah berfirman:

Iblis menjawab, Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan. Allah e berfirman Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh. Iblis menjawab:’Karena Engkau menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka,dari kanan dan dari kiri mereka dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).”
(Al A’raaf 14-17)

Keinginan iblis yang sangat kuat dan jahat untuk menyesatkan anak Adam menyingkap tabiat jahat iblis. Dia adalah makhluk yang benar-benar jahat bukan sifat yang hanya bersifat sementara, dia makhluk pembangkang dan terkutuk yang murni jahat.
Sehingga iblis menjadi makhluk terlaknat dan terkutuk serta memiliki sifat sombong lagi jahat dan Allah I memberikan kesempatan hidup yang sangat panjang. Terlaknat dan terkutuknya iblis dikarenakan maksiat dan sombong kepada Allah I yang menjadikan ia makhluk terhina padahal sebelumnya ia termasuk makhluk yang terhormat. Karena penolakannya terhadap perintah Allah I untuk sujud kepada Nabi Adam u mengakibatkan dia terusir dan terkutuk dari rahmat Allah I .

Sumpah Iblis Untuk Selalu Menggoda Keturunan Adam

Karena sebab itu iblis bersumpah dan berjanji untuk menyesatkan anak Adam dari jalan Allah I yang lurus dan menutup rapat jalan bagi setiap orang yang ingin melintasinya. Dan menutup rapat semua jalan menuju keimanan dan ketaatan yang bisa mendatangkan ridha Allah I . Dan dia tidak akan berhenti menggoda setiap manusia dari seluruh penjuru untuk menghalangi mereka dari keimanan dan ketaatan, Allah I menjawab ikrar iblis dengan firman-Nya:

Allah berfirman:’Keluarlah kamu dari Surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa diantara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahanam dengan kamu semuanya.(Al A’raaf 18)

Dalam hal ini Allah memberi kesempatan bagi iblis dan pengikutnya untuk menyesatkan dan Allah juga memberi kepada anak Adam u kesempatan memilih sebagai ujian dan cobaan dan semua itu berdasarkan kehendak Allah I yang ditangan-Nya seluruh keputusan di alam semesta ini, dengan kehendak Allah I iblis dijadikan makhluk yang memiliki keistimewaan tertentu.

Tetapi Allah I tidak membiarkan kita berjuang tanpa petunjuk dan pedoman, serta senjata untuk melawan kejahatan iblis. Al qur’an dan As Sunnah yang Shahih sangat cukup sebagai petunjuk dan senjata untuk berlaga dalam pertempuran. Allahu’alam bishawab.

Abu Ahmad Rifqi

Rederensi:
terjemahan’Peredam Makar Setan, karangan syaikh Jamal Ash-Shawali terbitan Darul haq Ighatsatul lahfan karya Ibnu Qayyim dan Talbisul Iblis karya Ibnul Jauzi.

Perihal blog aneka ragam
saya adalah seorang pemula dalam dunia bloger. sambil menulis, saya juga sedang belajar dan mendalami tentang dunia bloger. kepada rekan2 diharapkan bantuannya dalam mempelajari dunia bloger

7 Responses to Hakikat Jin dan Syaiton

  1. Sahabat mengatakan:

    Assalamualaikum.
    Ijinkan saya ikut berkomentar.

    Saya membaca keluhan ukhti di atas dan ikut prihatin.

    Saran saya:

    1. Kenalilah diri sendiri dengan lebih baik. Merenungkan keberadaan diri kita di dunia ini, kebaikan dan keburukan kita, kekuatan dan kelemahan kita, penciptaan alam dll….. Belajar memahami satu per satu arti asmaulhusna dan memasukkannya dalam hati. Menghayati maknanya mengalir dalam jiwa. … Cukup 5-10 menit sehari.
    Ingat, merenung itu bukan ngalamun.

    2. Insyaallah sedikit demi sedikit jiwa ini akan diisi, dicharge dengan kebaikan. Makin ikhlas kita terhadap apa yang ada pada kita, jiwa akan makin kuat, dan kekuatan akan bangkit mulai dari dalam.

    Pada dasarnya gangguan jin akan mudah masuk pada orang yang lemah lagi suka mengeluh (tidak ridlha) dan juga pada orang yang jiwanya kuat tapi sombong.

    Semua pintu2 masuk jin itu ada pada sikap kita sendiri. Dengan mengendalikan diri yang lebih baik, kita akan mampu menutup jalan masuk jin.
    Semoga dapat membantu. Wassalamualaykum.

    • blog aneka ragam mengatakan:

      terima kasih atas bantuannya kawan. semoga rekan kita dapat lebih memahami dan dapat menyelesaikan masalahnya. semoga jawaban dari saudara kita dapat sedikit membantu permasalahan ukhti.

      wassalam

  2. HAMBA ALLAH mengatakan:

    salam

    Ya Alloh. hamba ga ngerti mereka itu aliran apa??? mengapa ga berenti berenti……aku sdah hampir mau membinasakan diriku lebih dari 100x karena perbuatan mereka pada diriku.

    tolong Alloh, buka pintu jihat di bumi indonesia ini maka jelaslah yang kafir dan yg mukmin…..maka teranglah jalann jihat hamba-hamba engkau dari pada begini …..hamba ga ridho melakukan perbuatan ahli neraka…….tapi mereka juga tdk menyudahi siksaan mereka dgn pembunuhan pada hamba.itu lebih baik dari pada hamba seperti ini………mereka tdk mgkin taubat karena mereka menghendaki hamba mati bunuh diri.

  3. hamba Alloh mengatakan:

    Salam

    jika dulu Saya lebih suka semua masalah Saya saya cerita ke Alloh Saja, tp ini Saya coba minta bantuan dari mukmin lain, seperti dlm firman alloh, karena ini masalah yg Saya tidak tahu ilmunya dlm memusnahkan mereka…mereka musuh yg nyata bagiku tapi mereka memaksa untuk selalu menyuruh Saya ridho atas kezaliman mereka pada Saya…Saya bilang ke mereka Saya tidak akan mengampuni mereka karena mereka telah melampaui batasan…dan Saya menunggu mereka dikehakiman Alloh karena Hanya alloh yg mampu mengahikimi mereka karena tdk ad khalifa dibumi indonesia ini…lagi pula mereka melakukannya secara halus istilah orang pake pelet n bekerja sama dengan jin/syaithon.Saya katakan pada mereka Alloh tidak akan zalim pada siapapun dlm menghakimi jadi Saya tidak perlu khawatir selagi Saya selalu sadar apa-apa yg telah Saya tuliskan pada kitab amalan hidup Saya, sudah saya katakan agar mereka berhenti bahwa Saya tidak akan meringankan tuntutan Saya di meja hijaunya Alloh kelak biar mereka tdk melampaui batas eh malah tambah jadi-jadi aj kelakuan mrk. Alloh tdk pernah ingkar pada janjiNya.(mereka bukan tidak dibalasi tetapi ditundakan dan Alloh bilang jangan lah engkau merasa tidak di tolong lihatlah nanti siapa yang paling baik penolongnya)

    Ya Alloh Ya Rabb…..sungguh Engkau tidak pernah mencobaku diluar batas kemampuannku…karena aku hambaMu yang selalu merasa kaya,bahagia,tertawa dalam kesendirianku dlm bilik ku saat mengingat MU…maka itu hamba merasa hancur saat mereka mulai melampaui batas hingga hidupku tidak lagi ada privasi seolah mereka semua mau tahu….Alloh tolonglah.

    Anta Rabbi aku hambaMU,

    Engkau selalu membuat ku terharu jika kuingat didikannMU dan kelembutanMU pada setiap kejadian baik yang Engkau perlihatkan dan aku rasakan,juga Engkau selalu membuatku bahagia dan tertawa saat aku mengingatMU di bilik kamarku dalam kesendirianku untuk memahami sifat-sifatMU .Maha suci Alloh dengan kesempurnanNYa dan Maha Sempurna dengan kesucianNya.

    tapi mereka telah mebuat hatiku luka dan sedih serta merusak hati dan fikiran ku…menjadi kotor…dan mereka memasukan kemaksiatan dlm jasadku yang telah aku ifakan…… sungguh Alloh mereka telah membuat hiruk pikuk pada Qur’an ku yang telah engkau ajarkan pada Qalbuku……dan sungguh Alloh mereka telah merusak hatiku….dimana bertempat iman dan islamku.jiwa dan ruhku.Ya Alloh Ya Rasulullah kunantikan hari pertemuanku dengan Engkau dan kekasihMU dan juga pembalasan bagi mereka…sungguh Engkau sangat tahu ya Alim Ya samik Ya Basir, luka dan perihnya hatiku…….wahai yang menguasai setiap kejadian dan yang menguasai hari pembalasan Ya Malik.

    Salam.

    • Achasssss mengatakan:

      semoga penjelasan saya sebelumnya dapat membantu mengurangi masalah yg ukhti hadapi. semoga Allah SWT memberi kelapangan dalam hati dan diberi kemudahan dalm menjalani semuanya. semoga di blog saya ini ada saudara kita yg lain yg memberikan tanggapan,saran yg dapat membantu saudara kita. Insya Allah.

  4. HAMBA ALLAH mengatakan:

    assalamualaikum

    Saya seorang wanita, dan saya diganggu oleh bangsa jin namun dlm hal ini juga ada gol manusianya,

    cara mereka menganggu Saya dengan jalan :
    1. menelepatikan dgn saya bisa mendengar seperti suara hati tiap manusia, tp Saya mohon pada Alloh untuk menutupnya karena Saya tdk ngerti caranya.
    2. Mereka mensyawati Saya dan mengarahkannya pada laki-laki atau perempuan di sekitar Saya atau jauh tempat mereka.
    3. Memaksa hati Saya untuk menyukai seseorang yg Saya tdk ridho dan Saya tdk suka karena dia memfitnah Saya dan bersumpah dgn kitap Quran.
    4. Menyenayangi Saya dgn gambar-gambar atau kejadian yg buruk /kotor/forno dll pdhl itu bukan Saya atau juga ga pernah Saya lakuin.
    5. Saya masih kecil memang sering mimpi buruk, tapi juga sering mimpi baik n indah ..tp akhir akhir ini semua org seperti tahu bahkan bisa lihat mimpi Saya karena seteelah bangun dan saat saya beraktivitas Saya dengar suara hati mereka (huallahualam) mereka seolah tahu yg semalem aku mimpiin.
    6. mereka memfitnah keji pada Saya kata mereka (melalui nyata n suara hati) kata mereka Saya diperkosa kakak kandung atau bapak Saya sendiri .(padahal sampai Saya nikah saya masih perawan dan fitanh itu gugurr, eh malah mereka bukan berenti tp malah jadi -jadi
    mereka menyahwati saya dan seolahkan kalo bapak Saya sendiri yg akan menyetubuhi saya) Saya tinggal jauh dari ortu.Saya di kalti..mereka di sumatra.Saya ga mau jadinya tinggal serumah dgn mereka untuk menghindari fitnah keji yg merusak hati dan menyakiti fikiran Saya.
    7.mereka pernah menyuruh Saya sujud kepada mereka dgn cara mendatangi Saya ” saya mendengar ada orang di sebelah Saya dan saya dengan suaranya dgn jelas dan mereka bangga sebagai bangsa jin ..padahal Saya kenal suara itu suara org yg pernah saya temui atau tetangga saya juga ada di situ) tp saya ga bisa lihat mereka.)
    8. mereka mengeberin saya sampai saya seperti gemetar dan ini dilakukan oleh seorang manusia yg saya dengar suaranya melalui suara hati mereka (huallahualam) juga sampai mereka menyerang jantung saya sampai Saya hampir jatuh pingsan dan kepala saya terbentur meja ini kejadiannya ada yg waktu saya tinggal di rumah sepupu Saya di jawa, sampai saat ini mereka masih mengganggu saya “mereka mengaku di suruh kiayi mereka dan mereka orang-orang pesantren juga ada”saya ga’ mau sebutin karena bagi saya hakim terbaik atas perbuatan mereka hanya Allah ta’la.
    9. Mereka juga seperti bisa melihat dari pengelihatan Saya karena Saya selalu mereka awasi dan mereka selalu ikut campur setiap detil kegiatan hari-hari Saya kadang mereka menghancurkan cita-cita Saya dengan jalan membuat Saya tdk mampu mewujudkannya karena mereka melemahkan Saya untuk konsentrasi dengan menyahwati Saya sangat tinggi rasanya, tp alhamdulillah sampai detik ini Alloh melindungi Saya dari melakukan dosa-dosa besar yg seperti mereka suruhkan seperti Free sex dll, na’uzubillah.
    Saya sangat hancur dan sedih karena tidak taahu cara mengatasi dan mencegah meraka….sholat pun mereka masih ikut bicar-bicara dlm hati saya dan terdengar jelas sehingga Saya sangat sulit khusuk meski kadang berhasil.
    11. Saat saya baca Qur’an Saya seperti mersakan bahwa org yg tidak saya ridhoi itu yg fitnah saya ikut dlm diri saya seolah saya membacakan buat dia amalannya dan seolah dia menyuruh saya mencintai dia .demi Alloh saya tdk ridho.
    12.Bahkan mereka ikut campur saat saya sedang berhubungan dgn suami saya seolah mereka ada di sekitar saya dengan mengeluarkan komentar-komentar.
    13. setiap hari mereka menghasuti dan mengadu domba juga mengadu cerita-cerita tentang kejahaatan dan berita-berita org yg ga Saya kenal aj mereka kabarkan ke saya ‘saya ga ngerti.

    SUBHALLAH…..
    ……..MOHON ANALISA KEJADIAN YANG SAYA ALAMI SEJAK TAHUN 2007 YANG LALU SAMPAI SAAT INI.

    komentaar Saya kenapa klo ad jin yang mukmin mereka tidak menghalangi jin kafir mengganggu manusia dgn amal ma’ruf nahi munkar dan rela mati untuk Alloh, bukan kah mereka juga di cipta hanya untuk beribadah pada Allah.swt
    atau sebenarnya semua jin itu memang setan dan kafir karena mereka tdk ada yg tercipta dari tanah semua dari apiiiiiiii??????

    namun bagiku hasbunallah wanikmalwakil
    SALAM.

    • Achasssss mengatakan:

      menurut pendapat saya, langkah pertama bila anda merasa bahwa anda di goda oleh jin adalah melakukan rukyah syar’iah. atau mungkin dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan ustadz yang lebih banyak memahami agama. Allah SWt telah menyatakan bahwa syetan adalah musuh yg nyata bagi umat manusia. mereka senantiasa menggoda manusia utk menjauhi dari perintah Allah. berbagai macam cara mereka lakukan agar manusia lalai dari melaksanakan dan mengingat Allah. setan bisa saja berwujud jin dan manusia (jgn membayangkan setan seperti dlm film hororr) karena setan yg saya maksud berwujud manusia adalah orang yg selalu membujuk, merayu, mengajak ke jalan yg bathil. yang jauh dari mengingat Allah, yang coba utk menyesatkan kita. seperti halnya manusia, jin ada yg beriman dan ada yg kafir. yang sebagaimana firman Allah dalam Alquran bahwa tidak diciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah-NYA. berdasarkan beberapa buku yg pernah saya baca bahwa jin juga seperti manusia mempunyai nafsu, menikah dan beranak. mungkin saja mereka jin yg beriman kpd Allah selalu berdakwah juga kpd bangsa mereka. perbanyaklah memohon dan berdoa kepada Allah agar selalu diberikan petunjuk dan senantiasa dijaga untuk selalu berada di jalan yg lurus. bukankah Allah selalu memberikan yang terbaik buat hambanya. dan dia hanya memberikan cobaan semampu hambanya memikulnya. selalu berprasangka baiklah kepada Allah. mungkin apa yg ukhti alami adalah cobaan dari Allah utk menguji kesabaran dan keikhlasan ukhti. Allah dalam alquran pernah berfirman bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan. wallahualam bishawab. semoga jawaban saya dapat sedikit membantu ukhti. mohon maaf apabila jawaban saya tidak dapat membantu dan memuaskan karena kita sama2 dalam proses belajar dan saling membantu. wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: