Tips Merawat Dan Menjaga Kecantikan Kulit

PERUBAHAN cuaca, kelembapan udara, dan sinar matahari langsung memengaruhi kulit. Regenerasi kulit akan lebih aktif. Pada saat ini kita sebaiknya lebih care untuk merawat kulit kita, sehingga kondisi kulit tetap terjaga, mencegah penuaan dini, dan menjaga kesehatan kulit. Bagaimana cara merawat kulit menghadapi perubahan cuaca? Berikut beberapa tip untuk merawat kulit wajah dan tubuh.

1. Bersihkan kulit dengan lembut
Angin semilir membuat kita merasa nyaman. Namun, menyebabkan debu dan kotoran menyumpat pori-pori kulit, menambah tebal tumpukan sel-sel kulit mati serta kotoran di kulit. Oleh sebab itu, perawatan kulit yang paling utama adalah bersihkan kulit.
Jika kulit dicuci tidak bersih, maka tumpukan sel-sel kulit mati akan bertambah tebal, muncul komedo dan jerawat. Hal ini mengganggu penyerapan vitamin dan nutrisi bagi kulit. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan kulit adalah hal yang paling utama.
Untuk kebersihan kulit wajah, pilihlah pembersih wajah yang tidak menyebabkan alergi pada kulit wajah, tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, dan sesuai dengan jenis kulit Anda.
Selain itu, sesuaikan juga pembersih kulit dengan keadaan kulit kita. Pada saat kita tidak menggunakan make up, pembersih yang digunakan dapat lebih ringan. Pada saat kondisi kulit berminyak dan pada saat kulit kering, gunakan pembersih yang berbeda untuk kedua kondisi tersebut.

2. Menjaga Kelembapan Kulit
Indonesia termasuk wilayah beriklim tropis, di mana suhu udara rata-rata termasuk tinggi. Sinar matahari yang menyengat dapat merangsang kelenjar minyak bekerja lebih aktif, namun kulit sering mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah produk perawatan kulit yang memiliki kandungan air yang tinggi untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah dehidrasi kulit, dan mencegah penuaan dini.

3. Gunakan Scrub secara Teratur
Kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak dapat bernapas lega serta mengurangi kemampuan kulit untuk menyerap nutrisi. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan scrub atau lulur secara teratur. Lulur berfungsi sebagai amplas, yang mengangkat kotoran serta sel-sel kulit mati dengan sempurna, membuat kulit dapat bernapas lega dan mampu menyerap nutrisi dengan optimal, serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru lebih cepat. Kulit akan tampak bersih dan bersinar. Gunakan scrub dari bahan-bahan alami yang aman bagi kulit dan tidak menyebabkan alergi.

4. Gunakan Bahan Kosmetik Pembantu
Jika kondisi kulit wajah atau tubuh Anda dalam kondisi kurang sehat, misalkan berjerawat, kusam atau terlihat kerutan dini, maka beberapa alternatif kosmetik perawatan atau pengobatan kulit bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan atau pemulihan kondisi kulit Anda.
Perlu diingat bahwa pemakaian jenis kosmetik perawatan atau pengobatan kulit tidak disarankan untuk dalam jangka waktu yang lama. Ini untuk menghindari efek pemaksaan pigmentasi kulit. Setelah masa pemulihan, perawatan lanjutan dapat dilakukan dengan penggunaan mild soap atau bedak pelindung lain.

5. Hindari Sinar Matahari secara Langsung
Untuk menjaga kesehatan kulit, sebaiknya hindari sengatan sinar matahari secara langsung, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung SPF. Sesuaikan tingkat SPF dengan kebutuhan kulit Anda. Jika Anda beraktivitas di udara terbuka (outdoor), gunakan pelindung sinar matahari dengan tingkat SPF yang tinggi. Tapi, jika Anda berada di ruangan, tidak terkena sinar matahari secara langsung, gunakan pelindung sinar matahari dengan kadar SPF yang rendah.
Kadar SPF yang tinggi memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi. Sisi buruknya adalah menyumbat pori-pori kulit sehingga menghalangi kulit untuk bernapas lega. Jadi hati-hati memilih pelindung sinar matahari. Kadar SPF yang tinggi belum tentu sesuai untuk jenis kulit Anda.

6. Perawatan dari Dalam
Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik bukan hanya mengandalkan perawatan dari luar, namun perlu diperhatikan juga perawatan dari dalam. Kulit juga memerlukan nutrisi, makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E sangat baik bagi kulit. Selain itu, istirahat cukup dan olahraga juga akan membantu pertumbuhan kulit dan berpengaruh pada kondisi kulit. Tidak ketinggalan minum air putih, karena air adalah faktor yang sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit, dan mencegah penuaan dini.

Perihal blog aneka ragam
saya adalah seorang pemula dalam dunia bloger. sambil menulis, saya juga sedang belajar dan mendalami tentang dunia bloger. kepada rekan2 diharapkan bantuannya dalam mempelajari dunia bloger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: