Manfaat Buah Nanas

SIAPA yang tidak kenal nanas. Jenis satu ini adalah buah tropis dengan daging buah berwarna kuning. Buah ini memiliki kandungan air hingga 90 persen serta kaya vitamin dan zat yang menguntungkan bagi tubuh. Provinsi Lampung sendiri adalah salah satu sentra agroindustri nanas yang cukup populer.

pada prinsipnya semua buah mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Maka tidak heran bila kita sangat dianjurkan mengonsumsi aneka buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan gizi tubuh kita.

Namun, dari buah dan sayur yang ada, beberapa di antaranya memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi. Untuk nanas misalnya. Buah ini mengandung vitamin A dan C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa (gula tebu), dan enzim bromelain.

Nah, enzim bromelain ini hanya dimiliki buah nanas. Enzim ini berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat agregasi platelet, dan mempunyai aktivitas fibrinolitik. Kandungan seratnya juga dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit (konstipasi).

Mengonsumsi sari buah nanas, juga dapat meningkatkan kadar protein dalam tubuh. Nanas juga bisa digunakan untuk mengurangi dehidrasi. Harus diakui, banyak di antara kita belum menyadari manfaat di balik buah nanas yang lezat ini.

Bahkan, buah berduri ini sering dituduh sebagai penyebab keputihan dan mengakibatkan keguguran pada kehamilan. Maka tak heran bila banyak kaum perempuan malas memakan buah ini.

Padahal, riset terkini menunjukkan nanas sarat dengan antioksidan dan fitokimia yang berkhasiat mengatasi penuaan dini, wasir, kanker, serangan jantung, dan penghalau stres.

Bromelin yang secara alami ada dalam buah nanas juga diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka operasi serta pembengkakan dan nyeri sendi. Bagi penderita wasir atau ambeien dianjurkan mengonsumsi buah nanas 4-5 kali setiap hari karena bromelin juga dapat menghentikan pendarahan.

Serat yang dikandung buah ini juga bisa memperlancar buang air besar. Dalam riset yang pernah dilakukan, penderita luka bakar yang diberi minum jus nanas lebih cepat mengering dalam waktu 15 hari daripada yang tidak. Nanas juga dapat mencegah katarak.

Perihal blog aneka ragam
saya adalah seorang pemula dalam dunia bloger. sambil menulis, saya juga sedang belajar dan mendalami tentang dunia bloger. kepada rekan2 diharapkan bantuannya dalam mempelajari dunia bloger

2 Responses to Manfaat Buah Nanas

  1. walah mengatakan:

    Nanas juga bisa digunakan untuk mengurangi dehidrasi.? bukanya kalo kebanyakan makan nanas bisa berbahaya.?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: