Penyebab Bau Mulut

SEKITAR 25 persen penduduk dunia saat ini bermasalah dengan bau mulut atau dalam istilah medis disebut halitosis. Keluhan ini biasanya disebabkan buruknya kebersihan mulut, infeksi mulut, gangguan lisan, makanan dan minuman, sembelit, serta obat-obatan.

Selain itu, kebiasaan tidur dengan membuka mulut juga ternyata dapat memicu keluhan yang bisa menghancurkan rasa percaya diri seseorang ini.

Menurut drg. Ferry Novriandri, M.M., halitosis sebenarnya dapat disembuhkan melalui diagnosis dan perawatan yang tepat. ’’Halitosis biasanya disebabkan bakteri mulut sehingga menimbulkan bau yang tak menyenangkan. Tidak bersihnya mulut, seperti jarang menyikat atau membersihkan gigi dengan benang gigi, memungkinkan bakteri berkembang. Sisa-sisa makanan yang membusuk di dalam mulut juga bisa memicu bau mulut,” jelasnya.

Dilanjutkan Ferry, untuk memerangi bau mulut yang disebabkan gusi dan masalah gigi, langkah terbaik yang dapat diambil adalah berkonsultasi dengan dokter gigi. Namun, jika halitosis disebabkan infeksi mulut (mulut sakit) atau infeksi tenggorokan (tonsilitis dan sakit tenggorokan), keluhan ini akan hilang ketika infeksi itu dapat disembuhkan.

’’Tidur dengan mulut terbuka juga bisa mengakibatkan bau mulut. Sebab, membuka mulut saat tidur dapat mengurangi air liur yang berfungsi menyegarkan mulut kita. Nah, ini mendorong bau mulut. Masalah hidung, seperti hidung tersumbat atau flu yang membuat kita harus bernapas menggunakan mulut, juga dapat memicu bau mulut,” urainya.

Selain itu, Ferry menambahkan, makanan dan minuman yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan bau mulut. Misalnya, mengonsumsi bawang putih mentah bisa meninggalkan bau tajam yang dapat berbaur dengan napas. Hal yang sama berlaku untuk minuman alkohol dan rokok.

’’Meningkatnya tingkat keasaman dalam lambung karena tidak ada makanan yang masuk juga bisa menimbulkan bau mulut,” paparnya.

Solusi terbaik, menurut Ferry, adalah dengan menghindari makanan yang menyebabkan bau mulut dan selalu menjaga kebersihan mulut itu sendiri. Berkumur dengan obat kumur tidak selamanya baik dan tak dapat mencegah bau mulut. Kebiasaan berkumur yang terlalu sering bahkan bisa membuat struktur gigi rapuh.

’’Produk penyegar mulut hanya membuat mulut segar sementara waktu dan tidak menghilangkan bau mulut. Untuk mengatasi masalah secara permanen, Anda perlu mengetahui penyebab bau mulut itu dan mengambil pengobatan yang tepat. Menjaga kebersihan mulut adalah hal penting untuk menjaga mulut Anda tetap segar. Minum banyak air untuk menjaga kelembaban mulut Anda,” pungkasnya.

Perihal blog aneka ragam
saya adalah seorang pemula dalam dunia bloger. sambil menulis, saya juga sedang belajar dan mendalami tentang dunia bloger. kepada rekan2 diharapkan bantuannya dalam mempelajari dunia bloger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: